Sabtu, 26 Maret 2011

penilaian adiwiyata

I wanna share somethin' to y'all about Adwiyata Mandiri scoring in my school tanggal 10 Maret 2011

Beberapa hari sebelum penilaian itu ya kira2 mulai tanggal 5 maret lah (hari sabtu) satu sekolah udh pada sibuk bersih2 dan lain sebagainya. makin deket makin deket aku mulai deg2an gitu soalnya kan tugasku di Toga sedangkan aku ga begitu ngerti sama yang namanya tanaman. makanya takutnya setengah mati -_-
Setiap hari murid-murid diberi pengarahan (lewat toa gitu) buat menjaga kebersihan, memilah2 sampah ngurusin taman kelas masing-masing, pokonya smua yg masuk dalam penilaian adiwiyata termasuk mempelajari issue-issue global, balikpapan dan SMPN 1

Hari penilaian tiba, dag dig dug dag dig dug. yap aku deg-degan abis, karena jujur baru kali ini aku berperan cukup besar dalam kegiatan lingkungan kaya gini. parahnya lagi, aku ditunjuk jadi penerima tamu karena aku ketua detektif. ya Tuhaann makin deg-degan aja. Timnya dateng~ penerima-penerima tamu udah berbaris rapi depan gerbang sekolah. ya biasa berjabat tangan sama juri-jurinya. jurinya ada 3, tapi yang nilai selanjutnya cuma 2 orang aja namanya Pak Sapta dan Bu siapa gitu aku lupa *maaf* oiya mau sdkt mengiformasikan bahwa dari ketiga juri yang dateng, entah kenapa aku takut banget ngeliat ibunya itu. tiba2 lgsg mikir "kalo ngasih pertanyaan, bisa bahaya nih" karena mukanya itu nyeremin deh beneran.

Duta, Perwakilan masing2 pos, detektif dan polisi berkumpul di aula untuk bersiap2 dikasih pertanyaan2 tentang lingkungan sekitar. yang bertugas ngasih pertanyaan Pak Sapta. muka bapanya sih terlihat baik gitu, tapi pertanyaannya???? haahh cukup bahkan bisa memutar otak sebesar 360derajat -_- jarak2 lapisan atmosfer keluar, efek rumah kaca keluar, global warming keluar, ozon keluar, lingkungan keluar. tapi semua soal yg di lontarkan bukanlah pertanyaan sehari2 dimana anak esde jaman skrg pun udh bisa ngejawab. INI SOAL TINGKAT PRO!! bener2 kita hrus paham sepaham2nya tentang materi global warming dkk ini. and for your information, masalah global warming ternyata beda dengan ozon. yang menyebabkan ozon menipis adalah efek rumah kaca yang terdiri dari karbondioksida, gas metana dsb. dimana, cahaya yang seharusnya memantul ke luar angkasa, tertahan oleh polutan2 yang berada di lapisan efek rumah kaca dan menyebabkan cahaya itu tertahan dan diam di bumi dan itulah Global Warming. biasanya kan kita klo dapet pertanyaan "apa penyebab global warming?" "menipisnya lapisan ozoooonn" oh that's a BIG NO NO! jadi penyebab global warming adalah : suhu yang tidak menentu, cuaca ekstrim, panas yang panas banget dll. waktu bapanya melontarkan pertanyaan, ngga smua soal bisa kita jwb dgn baik dan emg terlihat ekspresi wajah bapanya yg agak ga enak pas kita salah jawab. apalagi wktu ditanya 'pengertian lingkungan' yap pengertian lingkungan -_-   dan bagusnya adalah tidak ada satupun yang inget apa itu lingkungan dan bapanya cukup kecewa karena jawaban2 kita keliatan banget ngapalnya. hmm tapi akhirnya melalui penjelasan2 pa sapta yg membuat pikiran anak2 kebuka, pengertian lingkungan itu terjawab dgn benar. syukurlaaahhh --"

Acara di aula selese, dan Bapakk-Ibu jurinya mulai melakukan penilaian di pos2 like Toga, Orchid, Recycle, Pupuk Koji Takakura, dll. aku mulai deg2an lagi dan posku (di perintahkan oleh Bu Titik) untuk membuat jamu wedang jahe dan Eghi ngapalin cara pembuatan bubuk jahenya. *tiktoktiktoktiktoktiktok* akhirnya bapak-ibu juri sampai di pos kami. aku nawarin ke bapak-ibu jurinya "mau nyobain jamu kami pak?" bapak lawak2 gitu deh dan kita ketawa aja. haha akhirnya aku dan eghi bikinin jamunya, bapaknya nanya cara pembuatan bubuknya *untung udh dihapalin* dan ibunya nanya manfaat wedang jahe. and you know what??? setelah jamunya abis mereka pergi tanpa menanyakan macem2 dan perkataan mereka yang masih kukenang *jiah* adalah "Mmm jamunya enak" astagaa betapa leganya mendengar kalimat itu *nangisterharu*

Penilaian selesai....
Juri2 melakukan pertemuan dgn guru2 dan murid2 yang telah turut andil. dan mereka bilang, masih ada yang kurang yaitu kekreativitasan. tetapi mereka bilang bahwa nilai kami udah diatas rata2, tinggal menunggu persetujuan dari KLH aja.

Yaa demikian pengalaman aku tentang penilaian adiwiyata. semoga bermanfaat dan doakan SMPN 1 Balikpapan agar bisa mendapatkan penghargaan Adiwiyata Mandiri ya :))

0 komentar:

Poskan Komentar